Server Game Online

Gacape Logo

Kali ini saya akan berbagi pengalaman dengan sebuah server untuk game online yang sudah diujikan di beberapa warnet di Magelang.

Jadi, warnet2 untuk game online biasanya akan kerepotan ketika harus melakukan update/nge-patch Game Online. Kenapa repot? ya karena kalau ada 10 PC client, otomatis harus bolak-balik ke 10 PC client tersebut untuk melakukan update manual per PC (biasanya pake cara CoPaste). Itu kalau 1 game, ha kalau ada 6 game (LS, PB, AO, RF, DN, Dizzel), … laamaaaaa ….. itu pun kalau berhasil…. ya kalau cuma 10 PC, kalau 20 PC…. perlu cari cara yang lebih efisien lagi!
Copaste pun ada kalanya juga gagal dilakukan (karena PC mau di pake user, tidak bisa meng-OverWrite file2 tertentu, drive game online disembunyikan, Deep Freeze, …. banyak lah faktornya).

Gacape Server – Warnet Super Update.
adalah sebuah server yang diciptakan untuk memudahkan pengelola warnet dalam mengoperasikan komputer-komputer kliennya. Salah satunya adalah pengelolaan untuk update/pacth-ing game online (bisa juga diterapkan untuk game offline).
Adanya server ini pengelola warnet cukup mengupdate PC server saja, nantinya PC client akan mengambil file update/patch terbaru dari PC server bukan mengambil langsung dari internet.
Metode yang digunakan disebut dengan synchronization (menyamakan file-file yang ada pada sebuah komputer dengan sumbernya).

Gacape 10

Synchronization atau singkronisasi konsepnya berbeda dengan CopyPaste, kalau CoPaste itu mengganti file (bisa seluruh/sebagian file), sedang singkronisasi adalah menyamakan file untuk disesuaikan dengan sumbernya (file-file yang diganti adalah file-file terbaru hasil dari updating/patch-ing game).

Yaa sudah hampir hampir setahun ini mencobanya dan hasilnya … so far so good lah (sampe skrg jg masih dipake).
Gacape sangat–sangat mempercepat proses update game di komputer klien, software servernya ringan (RAM 1 GB di kompi DualCore sudah “turah-turah”), cocok dengan berbagai macam game online, teknisi-teknisi gacape yang “Ready on Call” (dihubungi via YM / Group FB), Free 100%, fitur banyak, mendukung virtual HD (diskless), berjalan lancar (no crash-no hang-works well) dengan Windows XP baik sisi server maupun klien, ketika kompi server mati klien tetap masih bisa menjalankan game online, dan iklannya hanya 1.

Gacape 1

Meskipun begitu tidak kemudian Server Gacape ini lalu bisa memastikan game online klien bisa berjalan lancar terus, toh uji lapangannya pun juga muncul beberapa permasalahan (gagal melakukan sinkron ke server, game client menjadi “cannot running” ketika sudah disinkronisasi, tiba-tiba lisensi server gacape hilang dan pada beberapa game online ditemukan juga server gacape gagal dalam membuat “Create Index”).

Over all…
kegagalan fungsi pada Server Gacape … itu hanyalah bagian kecil dari banyaknya layanan yang bisa berjalan lancar pada server gacape (10 % error, 90 % works well).

Server Gacape (baca = gak capek) bisa di-download dari situs resminya (http://www.gacape.com/). Informasi & testimoni lain bisa dilihat via Group FB “Komunitas Gacape Indonesia (KGI)” (https://www.facebook.com/groups/KomunitasGacapeIndonesia/)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *