Bad Sector (sekilas catatan)

badsector

Kemarin (19 Oktober 2016) ada salah satu harddisk (Seagate SATA 320 GB) di warnet yang ada bad sectornya. Kemudian saya bawa ke tempat servisan yang biasa menjadi langganan saya (haha maklum, masteknisi.com skillnya belum seberapa). Berikut ini adalah gambar error dari HD berdasarkan hasil scanning HDTune Pro 5.00

kondisi-hd-pc-16-320-gb-2

HD ini pada tampilan utama HDTune ada 3 blok yang berwarna merah, tapi ada 4 sector yang rusak yaitu :

HD Tune Pro: ST3320310CS Error Scan
Scanned data   : 319 gB
Damaged Blocks : 0.2 %
Elapsed Time   : 1:11:22
1  Error at 150 MB (LBA 308294)
2  Error at 3054 MB (LBA 6255888)
3  Error at 3319 MB (LBA 6798876)
4  Error at 3349 MB (LBA 6858780)

Kebetulan pas ke service’san langganan tersebut langsung bertemu dengan ownernya dan berikut ini adalah hasil konsultasinya :

1. HD yang sudah ada bad sectornya walaupun cuma 1 itu sudah tidak layak pakai, apalagi dijual. Oleh karenanya HD seperti ini diiklaskan saja, dan siapkan anggaran untuk beli baru.

2. Jika badsector yang ada di HD lalu kemudian tidak digunakan (unalocated space) maka tidak akan bagus kedepannya, karena bad sector itu menular ke sector-sector yang lain

3. Bad sector ini menular, jadi saat ini cuma ada 3 tempat, nantinya akan bertambah lagi saat digunakan untuk opersional.

4.  Belum ditemukan cara-cara yang benar-benar efektif untuk mengatasi bad sector pada HD (ini berdasarkan pada pengalaman dan beberapa ujicoba menggunakan software yang pernah dicoba, bisa jadi badsector itu benar-benar bisa disembuhkan dengan cara-cara yang belum pernah diuji coba). Beberapa alternatif cara yang sudah diuji coba hanya bisa menghilangkan badsector pada HD selama beberapa hari saja (tidak permanen), jadi nanti bad sectornya akan muncul lagi.

5. Pada percobaan yang sudah dilakukan ternyata hasil scanning akan berubah. Jadi scan pertama ada bad sector 3 buah, lalu scan kedua muncul 5 sector, lalu scan yang ketiga juga akan menghasilkan jumlah bad yang berbeda.

 

Keterangan diatas masih berdasarkan pengalaman dan pengujian dari tempat service’an. Pada pengujian ditempat lain bisa jadi berbeda. Postingan ini untuk sharing dan menyimpan dokumentasi pelajaran hari kemarin saja.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *